Sabtu, 26 Januari 2013

Manfaat Pengolahan Data

Pada zaman sekarang ini, terdapat dua alasan manusia mengolah data dan informasi, yaitu pertama karena dorongan alami manusia untuk menyatakan jumlah kepemilikan dan harta kekayaan, kedua untuk survei administratif pada kepemerintahan. Akan tetapi dalam perkembangan dunia modern, kebutuhan akan data dan informasi semakin kompleks sehingga diperlukan adanya suatu sistem formal dalam pengolahan data dan informasi. Semakin kompleks kebutuhan suatu organisasi, maka semakin rumit sistem pengolahan data yang harus dibuat oleh organisasi.

Konsep Data dan Informasi

Data adalah fakta dan angka yang tidak sedang digunakan pada proses keputusan, dan biasanya berbentuk historis yang dicatat dan diarsipkan tanpa maksud segera diambil kembali untuk pengambilan keputusan. Sedangkan informasi adalah sekumpulan data yang telah diambil kembali, diolah dan digunakan untuk kesimpulan, argumentasi atau sebagai dasar peramalan dan pengambilan keputusan. Pengolahan data menjadi informasi dapat melalui empat metode yaitu :
1. Manual
2. Elektromekanik
3. Perlengkapan punched card
4. Komputer elektronik

Untuk memahami kemampuan kinerja metode pengolahan data, perlu memperhatikan : penanaman modal awal, persiapan, konversi, kebutuhan, kecepatan pengolahan, kemampuan menghitung, kontrol pengolahan, pendeteksi kesalahan otomatis, pembuatan keputusan, degradasi sistem dan tingkat otomasi. Pengadaan informasi memerlukan biaya. Pertimbangan biaya dalm pengolahan informasi dapat memperhatikan : harga perangkat keras, harga perancangan dan penerapan analisis sistem, harga untuk faktor kendali lingkungan, harga suatu konversi, dan harga pengoperasian.

Analisis Sistem dan Konsepsi Sistem
Suatu sistem informasi didefinisikan sebagai kumpulan komponen-komponen yang menampilkan pelaksanaan pengolahan data yang sistematis dan formal untuk :
1. Keperluan transaksi pengolahan data resmi
2. Menyajikan informasi bagi pengambilan keputusan
3. Menyajikan laporan bagi keperluan eksternal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar